STAF DESA TEGALURUNG

STAF DESA TEGALURUNG

Rabu, 02 Agustus 2017

SEJARAH KARAWANG JAUH LEBIH TUA DARI TARUMANAGARA...


SEJARAH KARAWANG JAUH LEBIH TUA DARI TARUMANAGARA?


Secara umum, sejarah Karawang dapat disingkat seperti ini : 'Mulanya terdapat peradaban Buni yg berada di sepanjang basisir Karawang, selanjutnya berdiri Kerajaan Tarumanegara dengan jejak peradabannya berupa pecandian Batujaya. Ratusan tahun kemudian datanglah Syeh Quro 1416 m ke Pura Dalem (alun-alun Karawang), mendirikan tajug yang sekarang menjadi Mesjid Agung Karawang dan kemudian menikahkan santrinya yg bernama Subanglarang dengan Pangeran Pamanah Rasa (Sri baduga).


Setelah itu sejarah Karawang mengalami kekosongan dan baru tercatat lagi ketika Singaperbangsa datang dan jadi bupati 1633 M. Selanjutnya sejarah Karawang spt yg kita kenal, dengan peristiwa Rengasdengklok, lumbung padi, kota industry dst. Nah,........ berikut ini adalah sejarah Karawang versi Pantun Gunung Kendeng, yg meskipun berupa pantun tapi akurasi kesejarahannya sangat teruji dan sudah diakui ahli sejarah asing.


"Mimiti Ki……….……ngababakan heula di sirah cai walungan anu kiwari mawa ngaran Tji Pamingkis. Laju ngadeugkeun dayeuh di beh hilir Cipamingkis, nyaeta anu kiwari kacaritakeun dina ngaran KUTA TAMBAGEU, anu masih ngadeug datang ka jaman Sang Dulang Suntak masih ngaresi di Gunung Hambalang. Dayeuhna aya keneh, tapi kiwari mah geus ngahiyang. Terus ngadeug deui dayeuh di sisi Cipamingkis,lebahan lengkob anu duwa beulah dipingkis gunung laleutik.


Ki………..oge nyieun palabuhan gede di Rawa Tambaga (Muara Citarum) jeung nitah nyieun parahu nu ti Rawa Gede bisa ngambah sagara. Kuta Tambageu jeung taneh satungtung deuleu laju katembongna jadi TALAGA anu lega upluk aplak. Saeunggeus ratusan tahun talaga eta nungtut nyaatan tiap tahunna, tapi lalaunan. Engke mah tangtu baris sahat enya-enya jadi deui darat cara baheula. Nya terus aya kariaan pohara jasa ramena kabina-bina. Rame sagala-gala."


Penafsiran : Bahwa pernah ada peradaban kuno di Karawang, tepatnya di sepanjang aliran sungai Cipamingkis, yg arah Cibeet dan Citarum. Di sana berdiri sebuah kerajaan yg bernama KUTA TAMBAGEU yang artinya Kota Nu Teu Bisa Dikeureut atanapai kota nu alamna banyak batu berharga seperti tembaga. Tapi kemudian kerajaan itu ngahiyang (runtuh/betul2 ngahiyang?) dan pemimpinnya yg bernama Arum Sugara lalu mendirikan lagi kerajaan ke arah girang Cipamingkis yang lokasinya berada di dekat dataran luas yang dipagari gunung-gunung kecil yg berada di Karawang Selatan.


Wilayah bekas kerajaan Kuta Tambageu dan sekitarnya lalu dalam tempo ratusan tahun berubah jadi seperti talaga (yg disebabkan paktor alam) dan pelan-pelan talaga itu menyusut dan jadi rawa-rawa. Di sinilah dimulainya awal sejarah toponomi Karawang sbg daerah rawa-rawa, karawaan, penuh rawa mulai muncul. Dan setelah rawa-rawa itu berubah jadi darat maka Karawangpun jadi kota yg sangat ramai. Sempat ada asumsi jika benteng kuno yg terkubur oleh Proyek Toyota mungkin saja ada kaitannya dg KUTA TAMBAGEU ini. Kawan2 Pepeling Karawang yg lebih tahu soal ini.


Keterangan lain juga menunjukkan bahwa di muara Citarum pernah didirikan sebuah pelabuhan yg membuat leluhur Sunda mampu mengembarai samudera, termasuk ke kepulauan Madagaskar dan menjalin hubungan dg bangsa2 lain. Pelabuhan ini yg kiranya menjadi tempat berlabuhnya rombongan dari Tanah Barata (India) yg kemudian mendirikan kerajaan Tarumanagara pada abad 4 masehi. Jadi kerajaan di Karawang yg bernama KUTA TAMBAGEU berdiri jauh sebelum Era Tarumanagara. Bah Iwan S Amintapradja yg lebih tahu soal ini.


Berdasarkan cerita rakyat, di Karawang Selatan memang pernah berdiri sebuah kerajaan besar, tetapi lolos dari radar sejarah dan lokasinya belum diketahui. Hal itu juga mendasari banyaknya jejak arkeologi seperti prasasti, arca, ekopak dan peninggalan sejarah lainnya yg bertebaran di Karawang selatan, termasuk di Telukjambe dan Karawang Barat. Peradaban kita dibangun oleh para leluhur kita sendiri, kawan, dan bukan oleh bangsa deungeun termasuk dari Tanah Barata. Mereka hanya meng-akulturasi- saja sehingga budaya lokal jadi lebih kaya dan berwarna.


Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SEJARAH KARAWANG JAUH LEBIH TUA DARI TARUMANAGARA...

SEJARAH KARAWANG JAUH LEBIH TUA DARI TARUMANAGARA? Secara umum , sejarah Karawang dapat disingkat seperti ini : 'Mulanya terdapa...